Langsung ke konten utama

#1eCampuz : Ag1le For Unity





#1eCampuz : Ag1le For Unity 


Demikian catatan ini diberikan judul. Apakah itu? Hari ini, 26 Februari 2019 adalah hari bersejarah untuk tim eCampuz. Hari ini merupakan hari ulang tahun pertama eCampuz. Pada tanggal inilah branding eCampuz setahun lalu telah diluncurkan untuk lebih fokus memberikan pelayanan pada dunia kampus Indonesia. eCampuz adalah sebuah nama branding dari PT Solusi Kampus Indonesia (SKI), yang merupakan anak perusahaan dari PT Gamatechno Indonesia. Bersamaan dengan lahirnya PT Solusi Kampus Indonesia ini, diluncurkan juga sebuah perusahaan bernama Global Data Inspirasi, yang bergerak pada analisa big data. Sebelumnya, di tahun 2011 divisi RnD PT Gamatechno juga telah spin-off menjadi PT AINO Indonesia.

eCampuz ini sebelumnya adalah sebuah divisi pada PT Gamatechno Indonesia, yang bergerak pada layanan civitas akademika kampus di Indonesia. Divisi itu bernama Academic Software (ACS). Layanan ACS yang diberikan antara lain, pengembangan sistem informasi untuk lingkungan akademik kampus, konsultansi, dan jasa maintenance sistem terkait data yang dioperasikan pada sistem yang telah dibangun.

Divisi ACS inilah yang selama ini paling dominan membentuk brand Gamatechno sebagai penyedia layanan Sistem Informasi Akademik. Dengan spin-off nya ACS sebagai SKI, tim eCampuz, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih fokus pada rekanan-rekanan akademik di seluruh Indonesia.



Kilas Balik eCampuz dan Gamatechno Campus Suite

Sebelum eCampuz spin-off menjadi sebuah perusahaan sendiri, divisi ACS PT Gamatechno memiliki dua jenis produk layanan kampus.

1. Campus Suite
2. eCampuz

Campus Suite adalah paket produk yang sifatnya base on order oleh pihak client. Biasanya kampus-kampus besar dengan sumber dana yang cukup besar, dan memiliki kebutuhan kustom aplikasi yang cukup banyak. Biasanya para kampus ini memiliki infrastruktur hardware sendiri untuk menjadi host bagi paket aplikasi Campus Suite. Sedangkan eCampuz merupakan produk retail yang sifatnya sudah ada, dan tinggal digunakan oleh para client dengan cara sewa. Paket aplikasi eCampuz diletakkan di cloud internet yang para client tidak lagi perlu memikirkan penyediaan dan proses maintenance infrastruktur. Jadi seluruh sistem itu diletakkan di cloud. Baik Siakad Cloud, maupun sistem lainnya.

Salah satu wujud portal eCampuz salah satu kampus.

Paket eCampuz dilahirkan pada tahun 2014, untuk menawarkan layanan-layanan kampus-kampus yang memiliki sumberdaya terbatas, baik ekonomi, infrastruktur, tenaga pengajar, hingga mahasiswa. Sebagai contoh, kampus dengan jumlah mahasiswa 200 akan sangat berat menganggarkan dana dan menyiapkan sarana-prasarana untuk pengembangan Campus Suite. Untuk itulah ecampuz lahir. 

Kilas balik tentang sepak terjang gtHeroes (demikian Gamatechno menyebut para staffnya), proyek-proyek pengerjaan Campus Suite ini telah memberikan hal yang sangat berharga, mulai dari ilmu, strategi berhadapan dengan client, jalan-jalan ke luar daerah, hingga tempaan-tempaan tekanan pekerjaan yang menjadikan teman-teman makin kuat dan kaya akan pengalaman. Pada gtHeroes yang berhadapan dengan hardware, memiliki keuntungan lebih, yaitu mereka memiliki kesempatan dengan hardware-hardware yang mahal, yang tidak selalu bisa ditemukan di tempat lain. 


Salah satu kegiatan perbaikan perangkat server di Papua


Ag1le For Unity ~ Happy Birthday eCampuz

Acara #1eCampuz - Ag1le For Unity berlangsung cukup meriah. Berlokasi di salah satu Meeting Room University Club UGM, pada tanggal 26 Februari 2019, acara ini juga dihibur oleh sempalan Byte Band Gamatechno, dengan personil yang masih ada di eCampuz, yaitu Imad n Friends. Seperti biasa, acara ini ditandai dengan potong tumpeng, dan dilanjutkan dengan acara meriah lainnya. Pada acara ini juga diberikan wejangan-wejangan dari para direksi dan juga direksi PT Gamatechno tentang perkembangan usaha, bisnis, hingga fokus para team pada layanan terhadap client. 





Pada acara ini, tentunya para gtHeroes yang sekarang beralih kapal ke eCampuz, memiliki harapan besar, bahwa start yang telah dilakukan ini dapat membawa pada percepatan yang lebih tinggi, terutama pada kualitas layanan terhadap client. Terlebih, dengan fokusnya korporasi baru ini pada satu bidang. Ditambah lagi dengan era yang sekarang jauh lebih "dekat".  Era Cloud mampu mempercepat proses dan memperdekat jarak operasional. 

Happy Birthday eCampuz! Jaya di darat, laut, dan udara!..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelamun Tak Pernah Secengeng Yang Kau Kira

  Kunyanyikan beberapa potong lagu, selang-seling irama bahagia dan irama sendu. Tiba-tiba datang dirimu, yang berkata : " Hai kau, ada apa dengan dirimu, melamun diri di bawah awan kelabu? ". Sambil tersenyum geli, kulanjut laguku. Tapi kau terus memburu. " Ada apa dirimu? Apakah dalam tekanan kalbu? Atau kau dilanda rindu? Ceritakan padaku! Aku perlu tahu.. Jangan sampai nanti kau terlambat sesali dirimu " Aku coba berganti irama. Irama riang irama bahagia. Tetapi otakmu terlalu dalam berkelana. Sehingga asumsimu sesat karenanya. Ah, aku peduli apa?  Hai.. Terima kasih pedulimu. Aku tak sedang berduka. Aku tak sedang merindu. Aku tak sedang seperti apa yang ada di benakmu. Aku berdendang bernyanyi, menghibur diri. Aku bukan siapapun. Tak usah kau kulik apa yang ada di dalam diriku. Aku bukan siapapun. Aku bukan sedang menyanyikan kecengengan. Aku bukan apa yang terjadi pada diriku. Aku adalah apa yang terjadi yang kupilih. Kenangan Ramadan 2023...

Simpanan Gambar, dan Pesan Untuk Masa Depan

Gambar ini saya ambi di bulan Juli 2018, di pesawahan jalan Kronggahan, Sleman, DIY. Tepatnya di seberang kantor Stasiun Pemantauan Cuaca BMKG. Saya membatin, apakah 10 tahun ke depan pemandangan senja ini bisa didapatkan generasi setelah saya? Tak butuh 10 tahun. Pemerintah lebih suka melebarkan jalan, mengalahkan sebagian sawah, agar dapat membuang arus lalu lintas yang padat daerah Denggung. Namun tetap saja, Denggung macet, jalan Kronggahan juga macet. Sawah kalah, dibanguni kafe dan perumahan/pemukiman yang mulai ada. Tidak hanya tempat ini tentunya. Banyak tempat lain yang bakal hilang.  Kelak saya akan post lagi kisah seperti ini. Agar anak cucu tahu, dulu mudah sekali dapat tempat dan pemandangan semewah ini. Atau entah mungkin anak cucu lebih suka pemandangan kemacetan atau hingar bingar...

Selamat Jalan, Keluarga Depan Rumah....

Covid-19 benar-benar luar biasa. Tak pernah saya sangka, kita masuk dalam generasi yang harus ketemu dengan wabah super ini. Korbannya tak tanggung-tanggung. Hari ini, kasus Indonesia ada 36 ribu lebih kasus harian. Angka kesembuhan harian baru di angka 32 ribu, masih tomboh 4 ribuan yang kecatat. Rumah sakit terpantau penuh di pulau Jawa. Sering terdengar suara pengumuman meninggal lewat pengumuman masjid..  Sosial media dipenuhi kata "Innalillahi", "RIP", "Permohonan darah konvalesen", "Permohonan tabung oksigen", "Permohonan info rumah sakit".  Hingga pada akhirnya, beberapa orang dalam lingkaran yang kita kenal dekat, yang kita harapkan kehidupannya, mereka akhirnya meninggal. Kita tidak dapat melayat, tidak dapat ditunggui juga, karena dicegah dengan protokol kesehatan. Mereka syahid. Kita makin nggrantes lagi dengan wafatnya para nakes. Andalan kita.  Hari ini, saya mendapatkan kabar duka cita dari kerabat di Wonosobo. Yaitu kelua