Langsung ke konten utama

#1eCampuz : Ag1le For Unity





#1eCampuz : Ag1le For Unity 


Demikian catatan ini diberikan judul. Apakah itu? Hari ini, 26 Februari 2019 adalah hari bersejarah untuk tim eCampuz. Hari ini merupakan hari ulang tahun pertama eCampuz. Pada tanggal inilah branding eCampuz setahun lalu telah diluncurkan untuk lebih fokus memberikan pelayanan pada dunia kampus Indonesia. eCampuz adalah sebuah nama branding dari PT Solusi Kampus Indonesia (SKI), yang merupakan anak perusahaan dari PT Gamatechno Indonesia. Bersamaan dengan lahirnya PT Solusi Kampus Indonesia ini, diluncurkan juga sebuah perusahaan bernama Global Data Inspirasi, yang bergerak pada analisa big data. Sebelumnya, di tahun 2011 divisi RnD PT Gamatechno juga telah spin-off menjadi PT AINO Indonesia.

eCampuz ini sebelumnya adalah sebuah divisi pada PT Gamatechno Indonesia, yang bergerak pada layanan civitas akademika kampus di Indonesia. Divisi itu bernama Academic Software (ACS). Layanan ACS yang diberikan antara lain, pengembangan sistem informasi untuk lingkungan akademik kampus, konsultansi, dan jasa maintenance sistem terkait data yang dioperasikan pada sistem yang telah dibangun.

Divisi ACS inilah yang selama ini paling dominan membentuk brand Gamatechno sebagai penyedia layanan Sistem Informasi Akademik. Dengan spin-off nya ACS sebagai SKI, tim eCampuz, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih fokus pada rekanan-rekanan akademik di seluruh Indonesia.



Kilas Balik eCampuz dan Gamatechno Campus Suite

Sebelum eCampuz spin-off menjadi sebuah perusahaan sendiri, divisi ACS PT Gamatechno memiliki dua jenis produk layanan kampus.

1. Campus Suite
2. eCampuz

Campus Suite adalah paket produk yang sifatnya base on order oleh pihak client. Biasanya kampus-kampus besar dengan sumber dana yang cukup besar, dan memiliki kebutuhan kustom aplikasi yang cukup banyak. Biasanya para kampus ini memiliki infrastruktur hardware sendiri untuk menjadi host bagi paket aplikasi Campus Suite. Sedangkan eCampuz merupakan produk retail yang sifatnya sudah ada, dan tinggal digunakan oleh para client dengan cara sewa. Paket aplikasi eCampuz diletakkan di cloud internet yang para client tidak lagi perlu memikirkan penyediaan dan proses maintenance infrastruktur. Jadi seluruh sistem itu diletakkan di cloud. Baik Siakad Cloud, maupun sistem lainnya.

Salah satu wujud portal eCampuz salah satu kampus.

Paket eCampuz dilahirkan pada tahun 2014, untuk menawarkan layanan-layanan kampus-kampus yang memiliki sumberdaya terbatas, baik ekonomi, infrastruktur, tenaga pengajar, hingga mahasiswa. Sebagai contoh, kampus dengan jumlah mahasiswa 200 akan sangat berat menganggarkan dana dan menyiapkan sarana-prasarana untuk pengembangan Campus Suite. Untuk itulah ecampuz lahir. 

Kilas balik tentang sepak terjang gtHeroes (demikian Gamatechno menyebut para staffnya), proyek-proyek pengerjaan Campus Suite ini telah memberikan hal yang sangat berharga, mulai dari ilmu, strategi berhadapan dengan client, jalan-jalan ke luar daerah, hingga tempaan-tempaan tekanan pekerjaan yang menjadikan teman-teman makin kuat dan kaya akan pengalaman. Pada gtHeroes yang berhadapan dengan hardware, memiliki keuntungan lebih, yaitu mereka memiliki kesempatan dengan hardware-hardware yang mahal, yang tidak selalu bisa ditemukan di tempat lain. 


Salah satu kegiatan perbaikan perangkat server di Papua


Ag1le For Unity ~ Happy Birthday eCampuz

Acara #1eCampuz - Ag1le For Unity berlangsung cukup meriah. Berlokasi di salah satu Meeting Room University Club UGM, pada tanggal 26 Februari 2019, acara ini juga dihibur oleh sempalan Byte Band Gamatechno, dengan personil yang masih ada di eCampuz, yaitu Imad n Friends. Seperti biasa, acara ini ditandai dengan potong tumpeng, dan dilanjutkan dengan acara meriah lainnya. Pada acara ini juga diberikan wejangan-wejangan dari para direksi dan juga direksi PT Gamatechno tentang perkembangan usaha, bisnis, hingga fokus para team pada layanan terhadap client. 





Pada acara ini, tentunya para gtHeroes yang sekarang beralih kapal ke eCampuz, memiliki harapan besar, bahwa start yang telah dilakukan ini dapat membawa pada percepatan yang lebih tinggi, terutama pada kualitas layanan terhadap client. Terlebih, dengan fokusnya korporasi baru ini pada satu bidang. Ditambah lagi dengan era yang sekarang jauh lebih "dekat".  Era Cloud mampu mempercepat proses dan memperdekat jarak operasional. 

Happy Birthday eCampuz! Jaya di darat, laut, dan udara!..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ICU

Malam itu saya masih mondar-mandir dekat ruang tunggu ICU sebuah Rumah Sakit di kota kami. Setenang-tenang menjaga keluarga yang sakit di ruang perawatan khusus memang tidak ada yang enak. Masih berpikir tentang setelah sembuh apa yang harus dilakukan agar yang sekarang sakit menjadi sehat kembali, berpikir juga tentang pekerjaan yang terbengkalai, berpikir juga biaya, dan hal-hal yang terjadi berhubungan akibat dengan adanya sakit tersebut. Sekonyong-konyong muncul sebuah tandu dorong yang sedang berisi orang sakit, masuk ke ruang ICU dengan peralatan infus dan lain sebagainya. Sepertinya seorang wanita. Tandu didorong oleh tiga orang lelaki berseragam operasi, dan dipandu seorang wanita yang juga masih menggunakan masker operasi. Tandu didorong masuk ruangan, dan seorang laki-laki bermasker tadi meminta keluarga berhenti pada batas ruangan, meminta agar keluarga tidak memasuki ruangan ICU lebih dulu. Wajah tegang dan gelisah terlihat di wajah para anggota keluarga. Ada sekit

Momen @benhan VS @misbakhun untuk Mengingat Penolakan terhadap Pasal 27 ayat 3 UUITE

Kemarin, tanggal 5 September 2013 Benny Handoko yang berakun twitter @benhan ditahan pihak berwajib atas laporan Misbakhun, salah satu tersangka dalam kasus L/C fiktif Bank Century. Laporan Misbakhun berisi tentang kasus pencemaran nama baik dan fitnah. Proses yang dilaporkan itu sendiri terjadi di dunia Twitter (TL), dengan permulaan @benhan melakukan tweet atau kicauan tentang Misbakhun, yang ditimpali oleh Misbakhun, yang akhirnya terjadi debat twitter, atau lebih sering disebut dengan Twitwar. Twitwar ini telah dirangkum oleh salah satu pengguna dalam sebuah chirpstory beralamat di : http://chirpstory.com/li/37940 . Benny Handoko dinyatakan melakukan pelanggaran terhadap Pasal 27 ayat 3 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Bunyi ayatnya seperti berikut:

Insinyur

Gelar Insinyur ini pernah tenar di Indonesia di era tahun 90an dan sebelumnya. Insinyur dianggap sebagai sebuah gelar sarjana ilmu-ilmu terapan seperti Teknik, Pertanian, Peternakan. Untuk ilmu sains yang lain akan menggunakan gelar drs, atau doctorandus. Gelar Insinyur ini akhirnya dihilangkan oleh Prof Dr Fuad Hasan saat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Insinyur tidak lagi dianggap sebagai gelar akademis, tetapi gelar profesi. Gelar selanjutnya, seluruhnya berganti menjadi Sarjana. Bahkan doktorandus dan lain sebagainya juga diganti menjadi Sarjana. Contoh penerapannya seperti : Sarjana Teknik, Sarjana Sains, Sarjana Ilmu Politik dan lain sebagainya. Digantinya gelar Insinyur menjadi Sarjana Teknik salah satunya adalah karena banyaknya Sarjana Teknik yang tidak melakukan penerapan di bidang teknis. Seperti Sarjana Teknik bekerja sebagai marketing, atau bahkan seorang analis Ekonomi di perbankan. Namun pada akhirnya penggunaan gelar insinyur ini tidak lagi menjadi memiliki