Langsung ke konten utama

Natal dan Boxing Day..

Hayo, siapa yang tidak kenal Boxing Day? Sejak mengenal Liga Inggris dulu, saya menganggap Boxing Day adalah hari pertandingan bola pasca Natal. Natalnya 25 Desember, Boxing Day 26 Desember. Saya pikir Boxing itu seperti bertinju atau menggambarkan pertandingan.  Saya yakin bukan cuma saya yang menganggap bahwa Boxing Day adalah hal itu. 



Setelah saya baca-baca lagi, Boxing Day memang justru sudah ada sejak jaman Ratu Victoria (1837). Boxing Day justru sebenarnya adalah hari untuk unboxing hadiah. Natal, di Eropa adalah tepat jatuh di salah satu malam terpanjang. 25 Desember adalah hari saat matahari ada di atas garis subtropis selatan (23.5 derajat Lintang Selatan). Di hari itu, bagian utara bumi mengalami masa malam yang sangat panjang. Malam Natal yang panjang banyak digunakan untuk bertukar hadiah satu sama lain.  Di hari berikutnya, 26 Desember setelah beristirahat, mereka membuka paket box hadiah dengan hati berdebar. Inilah konon yang dinamakan Boxing Day.

Inggris, memulai tradisi yang unik dengan Boxing Day. Mereka ingin menghadiahi masyarakat dengan hiburan menarik. Hiburan menarik di sana adalah salah satunya : sepak bola. Masyarakat di sana dihadiahi dengan tontonan sepak bola di 26 Desember. 

Dengan adanya laga boxing day ini, maka pekan-pekan Natal adalah pekan-pekan yang sangat sibuk untuk pemain sepak bola liga Inggris. Dalam rentang waktu 10 hari, mereka kadang harus memainkan 3-4 laga sekaligus. Karena tiap pekan mereka berlaga Liga Inggris hari reguler. Eh, di tengah pekan mereka terselip Boxing Day. Belum lagi di pekan depan kadang ada liga lain yang harus mereka ikuti. Maka, pemain bola di Inggris merupakan golongan orang-orang yang tidak dapat secara penuh menikmati Natal bersama keluarga. 

Di level-level liga bawah, banyak pemain-pemain klub yang mereka kadang bekerja sebagai pekerja kasar. Bahkan ada juga pemain EPL masa kini yang merupakan sisa-sisa kuli bangunan. Contoh salah satunya adalah Jamie Vardy, seorang striker andalan yang sangat tajam dari Leicester City. Konon, dulu mereka adalah kalangan orang bawah yang merelakan dirinya mengais rejeki sebagai penghibur orang lain di pasca hari rayanya. 

Oh ya, ada juga kisah kelam dengan istilah Boxing Day, yang semoga tidak pernah terjadi lagi. Ada istilah Boxing Day Tsunami. Itu adalah istilah yang diberikan pada kejadian bencana dahsyat tsunami Aceh dan Asia, yang terjadi pada 26 Desember 2004. 

Nah, besok hari Ahad / Minggu adalah hari Boxing Day. Tentunya kita sangat ingin unboxing kado teman-teman yang merayakan natal adalah sebuah berkah kesehatan bersama seluruh dunia dalam melawan pandemi. Namun kebetulan laga Boxing Day besok harus banyak terjadi postponed (penundaan) , karena Inggris sedang dihajar gelombang pandemi Covid-19 ke sekian kalinya. Kasus harian hari ini di negeri asal vaksin Astra Zeneca itu, di atas 100.000 penderita!



Tentu, tahun ini masihlah tahun pandemi. Mungkin 2022 masih akan ada sisa pandemi di sana. Tentu kita berharap, hadiah Boxing Day paling indah adalah kesehatan, kedamaian dan keselarasan hidup di seluruh penjuru dunia. 

Selamat merayakan Natal saudara-saudaraku umat Kristiani.. Damai selalu di bumi, selamat ber-boxing-day besok dengan sehat. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ICU

Malam itu saya masih mondar-mandir dekat ruang tunggu ICU sebuah Rumah Sakit di kota kami. Setenang-tenang menjaga keluarga yang sakit di ruang perawatan khusus memang tidak ada yang enak. Masih berpikir tentang setelah sembuh apa yang harus dilakukan agar yang sekarang sakit menjadi sehat kembali, berpikir juga tentang pekerjaan yang terbengkalai, berpikir juga biaya, dan hal-hal yang terjadi berhubungan akibat dengan adanya sakit tersebut. Sekonyong-konyong muncul sebuah tandu dorong yang sedang berisi orang sakit, masuk ke ruang ICU dengan peralatan infus dan lain sebagainya. Sepertinya seorang wanita. Tandu didorong oleh tiga orang lelaki berseragam operasi, dan dipandu seorang wanita yang juga masih menggunakan masker operasi. Tandu didorong masuk ruangan, dan seorang laki-laki bermasker tadi meminta keluarga berhenti pada batas ruangan, meminta agar keluarga tidak memasuki ruangan ICU lebih dulu. Wajah tegang dan gelisah terlihat di wajah para anggota keluarga. Ada sekit

Gitar, Harmonika dan Saya

Catatan ini saya sadur ulang dari tulisan notes facebook saya di : https://web.facebook.com/notes/wahyu-bimo-sukarno/gitar-harmonika-dan-saya/1168026233241917/  Ada bagian yang saya tambahi, ada bagian yang saya kurangi. Saat membaca lagi beberapa catatan lama di Facebook, beberapa catatan membawa kembali saya ke masa itu. Masa yang membawa saya hingga menjadi seperti ini. Dalam ajaran Jawa ada quote : " Aja lali sangkan paraning dumadi ". Jangan kau melupakan asal-usul kejadianmu. Baik kejadian kehidupan, maupun kesuksesan. Berikut nukilan Facebok saya tahun 2016 itu.

Siapa Merusak Bahasaku?

Luangkanlah waktu untuk sekejap memahami beberapa kosakata dalam dua bahasa ini. Apakah anda termasuk lebih sering menggunakan kata : Efektif   Efisien   Pink   Orange   Level   Kondisi   Komplain   Gradasi   Posisi   BTW daripada Mangkus   Sangkil   Merah Jambu   Jingga   Tahap   Keadaan   Sangkal   Nuansa   Letak   Ngomong-ngomong Atau jangan-jangan pada bagian bawah, ada kata yang tidak anda ketahui? Padahal arti dari bagian bawah itu adalah seperti yang lebih kita ketahui pada kelompok atas. Saya telah melakukan pertanyaan pada puluhan orang tentang kata Mangkus, Sangkil, Nuansa. Hasilnya adalah untuk kata Mangkus dan Sangkil : 100% tidak ada yang faham mengenai kosa kata tersebut. Sedang kata Nuansa, 100% menjawab: Nuansa adalah suasana. Saya juga mendengarkan bagaimana guru-guru PAUD dan TK anak saya dalam mengajarkan warna. Ternyata sempat seorang guru PAUD harus berdebat dengan muridnya tentang warna JINGGA. Sang Guru me