Langsung ke konten utama

Komunitas itu bernama : NGESEC


Berawal dari sebuah obrolan pada group Telegram "Kali Linux Indonesia". Group ini bercerita tentang penggunaan sistem operasi Kali Linux, beserta cara-cara melakukan penetration testing. Apa itu penetration testing? Penetration Testing adalah suatu proses produksi yang digunakan untuk menguji apakah sebuah sistem (web misalnya), telah aman dari berbagai macam celah yang memungkinkan dieksploitasi. Group itu berkembang hingga ribuan user, yang pada akhirnya cukup sulit untuk dikelola saat terjadi debat atau percandaan yang agak setengah keterlaluan :P.

Tim Jogja, suatu ketika, di bulan April 2017 melakukan pertemuan antar para anggota, lokasinya di Kelas Pagi Yogyakarta, sebuah creative space di kawasan jalan Katamso. Di sana kami semua berkenalan, kemudian saling berbincang. Kami bersepakat untuk berkumpul setiap Rabu malam, meski tempat tersebut bernama Kelas Pagi :D.

Pertemuan Pertama Cikal Bakal NGESEC
Di sana akhirnya kita juga bersepakat untuk membuat nama. Nama yang unik dan mudah diingat. Kami bersepakat dengan nama : NGESEC. Ngelab & Ngerumpi Security. Selain pertemuan rutin tiap Rabu malam, kami kadang juga mengadakan suatu event. Event ini biasanya diisi oleh seseorang nara sumber. Kadang juga event ini bersifat online, antara member Jogja dengan member lain daerah. Kadang juga event ini diadakan di luar creative space Kelas Pagi Yogyakarta. Seperti yang pernah dilakukan di BPPTKG dalam rangka supporting kegiatan BPPTKG. Pernah juga dilakukan di Museum Sandi. Ada yang pernah tahu museum Sandi?

Salah satu online pamflet yang disebar saat akan ada kegiatan NGESEC

Acara NGESEC untuk umum di MUSEUM SANDI

Ramai juga acaranya, meski hujan lebat

Acara di BPPTKG


Pada Februari 2018 komunitas ini membuka sebuah community website beralamat di : NGESEC.ID. Website ini selain digunakan untuk belajar para anggota komunitas, juga berfungsi untuk publikasi beberapa hal yang penting untuk dipublikasi. NGESEC membagi membernya menjadi beberapa group, antara lain : group Blue Team, group Red Team, dan beberapa group spesifik terkait dengan pekerjaan yang sedang dilakukan. 


Pada bulan Mei, untuk memperingati Hari Buku Nasional 17 Mei, komunitas ini merilis sebuah ebook yang berisi tentang cerita latar belakang dan motivasi para pegiat IT Security. Kegiatan ini berlangsung sejak bulan Februari, hingga akhirnya dirilis pada sebuah halaman di community website NGESEC.ID : https://ngesec.id/agenda/buku-elektronik-secstory-security-story/

File dapat didownload di https://github.com/NgeSEC/SecStory

Banyak cerita menarik di sana, yang dapat dijadikan acuan dan motivasi para pelajar atau IT enthusiast yang sedang mendalami IT. Ada juga dong, cerita saya mengapa harus terjerumus di bidang IT. 👊👊👊😄😄😄

Pada suatu ketika, NGESEC ini mendapatkan mandat untuk mengetest beberapa website di lingkungan beberapa institusi pemerintahan. Kegiatan lain teman-teman NGESEC ini antara lainnya lagi adalah memberikan bantuan untuk yang membutuhkan Kerja Praktek, PKL / Magang, hingga Skripsi. Di sana juga berkumpul para praktisi IT yang sering juga memberikan informasi lowongan kerja, lowongan job temporer, magang, hingga program yang sekarang sedang marak : Platform Bug Bounty.

Hingga saat ini, kegiatan Rabu malam di Kelas Pagi Yogyakarta, hampir tidak pernah absen dari kegiatan NGESEC. Oh ya di Kelas Pagi tersebut juga berjalan komunitas lain seperti Fotografi (ini justru yang utama), menari, hingga masalah bahasa. Tempat makan tersedia di sekeliling ruang, sehingga tak perlu sulit untuk mencari camilan saat acara. Kadang juga acara NGESEC rutin harus berbenturan waktu dan ruang dengan kegiatan lain yang momentnya kadang lebih penting, dan KPY telah memiliki cadangan ruang lainnya untuk digunakan berkomunitas. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ICU

Malam itu saya masih mondar-mandir dekat ruang tunggu ICU sebuah Rumah Sakit di kota kami. Setenang-tenang menjaga keluarga yang sakit di ruang perawatan khusus memang tidak ada yang enak. Masih berpikir tentang setelah sembuh apa yang harus dilakukan agar yang sekarang sakit menjadi sehat kembali, berpikir juga tentang pekerjaan yang terbengkalai, berpikir juga biaya, dan hal-hal yang terjadi berhubungan akibat dengan adanya sakit tersebut. Sekonyong-konyong muncul sebuah tandu dorong yang sedang berisi orang sakit, masuk ke ruang ICU dengan peralatan infus dan lain sebagainya. Sepertinya seorang wanita. Tandu didorong oleh tiga orang lelaki berseragam operasi, dan dipandu seorang wanita yang juga masih menggunakan masker operasi. Tandu didorong masuk ruangan, dan seorang laki-laki bermasker tadi meminta keluarga berhenti pada batas ruangan, meminta agar keluarga tidak memasuki ruangan ICU lebih dulu. Wajah tegang dan gelisah terlihat di wajah para anggota keluarga. Ada sekit

Gitar, Harmonika dan Saya

Catatan ini saya sadur ulang dari tulisan notes facebook saya di : https://web.facebook.com/notes/wahyu-bimo-sukarno/gitar-harmonika-dan-saya/1168026233241917/  Ada bagian yang saya tambahi, ada bagian yang saya kurangi. Saat membaca lagi beberapa catatan lama di Facebook, beberapa catatan membawa kembali saya ke masa itu. Masa yang membawa saya hingga menjadi seperti ini. Dalam ajaran Jawa ada quote : " Aja lali sangkan paraning dumadi ". Jangan kau melupakan asal-usul kejadianmu. Baik kejadian kehidupan, maupun kesuksesan. Berikut nukilan Facebok saya tahun 2016 itu.